Jangan bajak ladang kami

Membajak itu kalau gue ngga salah punya dua arti. Pertama adalah membajak dalam arti salah satu prosedur penggarapan sawah dan yang kedua mempunyai arti tindakan merebut atau menguasai secara paksa. Ya kalau mau definisi yang benar tanya aja sama ahli bahasa tapi kira – kira seperti itulah arti kata membajak didunia sehari – hari.

Gue cuma lagi kepikiran soal topik yang lagi hangat belakangan ini, yaitu soal dibajaknya beberapa budaya Indonesia oleh negeri sebelah. Mulai dari wayang, lagu, angklung sampai pulau pun diambil. Begitu berita soal ini muncul, sontak semua orang seperti kebakaran dagu. Bukan cuma jenggot tapi dagunya sekalian. Kebayangkan panasnya?

Rasanya kita ini dianggap pupuk bawang. Pupuk bawang itu kalau didalam istilah Jawa kira – kira bisa disamakan seperti anak kecil yang bisa disalah – salahin *tolong istilah ini jangan diambil juga*, pokoknya bisa dipandang sebelah mata deh. Banyak yang bersuara keras dalam menanggapi isu itu walaupun ada juga yang memandang dengan bijak dan berkomentar bijaksana.

Gue sih lebih suka menanggapi dengan biasa – biasa aja, soalnya gue sendiri masih suka beli dvd bajakan kecuali untuk film – film Indonesia dan kalau disuruh memeragakan kesenian tradisional pun, jujur aja, gue ngga bisa. Tapi itu kalau mood gue lagi bagus, kalau lagi mumet pasti gue akan bilang “Ganyang aja tuh negeri sebelah, toh Siti Nurhaliza udah ngga single lagi!”.

Advertisements

2 thoughts on “Jangan bajak ladang kami

  1. Itu baru soal budaya, belum soal intelejen.Pernah dengar kan berita bea cukai menggagalkan penyelundupan alat penyadap yg kata ‘org dalam intelejen’ bukan alat sadap biasa alias sdh canggih,dari malaysia? Padahal spt penyelundupan disini ketangkep 1 yg lolos ribuan.Belum berita malaysia beli kapal selam canggih padahal selama ini AL-nya gak punya kapal selam.Itu semua beritanya dikoran-2 kecil-2, kenapa ya?
    Kebayang kan kalau malaysia sudah siap disegala lini kalau seandainya indonesia mau counter attack.

  2. Ya semoga aja kita punya kekuatan yang tak tampak, bukan kekuatan supranatural lho ya. Biasanya itu lebih kuat daripada kekuatan fisik. Diatas semua itu, semoga aja ribut2 skarang ini cuma awal dari proses hubungan yang lebih solid. Biasa tho? ribut didepan mesra2 belakangan 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s