Komunitas Ini Itu

Dewasa ini, haiiish…macam betuuuul aja pake kata – kata dewasa ini. Ya sekarang ini nih, banyak bener komunitas. Mulai dari komunitas otomotif sampai blogger. Di bidang otomotif, hampir semua merek punya komunitas. Malah kalau gak salah, APV itu udah ada milisnya sebelum mobilnya ada di jalanan.

Semuanya jelas karena teknologi internet. Orang gak perlu kumpul untuk bikin komunitas. Asal punya minat yang sama dan bisa mengakses internet, jadilah komunitas itu. Walaupun akhirnya tetep aja perlu cara konvensional buat memperkuat komunitas.

Caranya ya dengan kopdar atau kopi darat. Istilah kopdar juga sudah ada sejak jaman ngebreak yang pakai radio dua meteran itu lho. Saya sih gak ngalami masa itu. Cuma tau dari kakak – kakak saya. Istilah kopdar juga sudah ada yang mulai memodernkan dengan kata ketemuan. Ya apapun itu, pokoknya tetep perlu cara konvensional deh.

Kopdaran itu penting karena bisa jadi tempat untuk saling kenal lebih dekat. Apalagi buat komunitas blogger yang susah banget dinilai sifatnya kalau cuma baca blognya. Kurang lebih sama dengan komunitas otomotif. Ada orang yang mobilnya keren banget. Full modified lah. Ternyata yang ngemodifikasi mobil itu bukan dia. Makanya kalau di milis dia jarang ikut nimbrung ngebahas soal mesin, misalnya. Lha gimana? Wong yang ngurusi mobilnya itu bapaknya kok. Dia cuma make aja. Ya gak salah juga kan? Lha komunitas mobil itu cuma bikin syarat harus-punya-mobil-merek-Z. Kecuali kalau syaratnya adalah harus jago ngoprek mobil, nha anak itu emang salah besar.

Tapi yang jelas, memperkuat komunitas itu gak gampang. Banyak yang harus dibuat. Gak cuma sekedar kopdar sana – kopdar sini. Nggedabrus ini itu di milis atau forum. Pokoknya banyak deh yang harus dikerjain. Salah satunya ya harus saling kenal supaya gak ada salah paham.

Lha kan repot kalau kita misalnya becanda di milis dengan menyebut, dasar otak bocor lo! Padahal aslinya orang yang disebut otak bocor itu emang otaknya bocor beneran gara-gara pernah disamber kecoa. Lha pas nyupir ada kecoa yang nyamber muka, terus panik dan nabrak tiang listrik. Bocorlah otaknya. Dan tersinggunglah dia di milis, marah – marah pula dia. Sialnya, sama moderator milis bukannya diselesaikan dengan baik, malah si otak bocor ini dikick out dari milis. Kasian kan? Udahlah bocor beneran, dilarang pula maen di milis.

Mungkin sifat kuno juga yang perlu dimiliki sama kaum komunitas cyber, yaitu tidak boleh berprasangka buruk dan semena – mena.

Terutama di blog ini. Please leave your prejudice out of my site. Kecuali buat Dahlia, Diaz dan Dini. Let’s make war, not love. Hehehe kalo sama mereka, gue boleh begitu. Lha wong udah mati gaya kalo kopdaran! (link mereka coba cari di blogroll aja, repot bener gue ngelink lage)

Advertisements

2 thoughts on “Komunitas Ini Itu

  1. gw lagi ga pengen make war kok gil…apalagi make love….pokoknya lagi pengen lempeeng aja jauh dari dosa….lagian otak sapa sih yang bocor Gil? bukannya otak elo sendiri?? *oopsss, ga jadi deh, nanti dosa*

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s