Sepak Bola Sepak

Jam 5 sore kemaren, si gembhul nelpon saya dan misuh-misuh karena saya baru bangun dan gak ngantor. Gila yee, jadi dejavu kayak jaman sekolah dulu pas dimarahin guru karena ketauan bolos. Kalau guru yang marah sih saya maklum karena guru itu punya kewajiban moral dalam mendidik saya. Lha kalau si gembhul ini kemaren misuh-misuh murni karena iri. Iri karena tau saya bisa bolos kerja sementara dia harus berjibaku di kumpeninya. Apalagi setelah dia tau alasan saya bolos adalah karena ngantuk abis nonton bola malam-malam.

Dia heran kenapa cowok-cowok pada suka sepakbola dan mendadak seperti kena serangan autis kalau lagi ada event bola seperti sekarang ini. Aduh mbhuuuul..makanya buruan cari cowok biar lo bisa mainin bola nanya sama cowok lo soal bola.

Sebetulnya banyak cewe yang nanya ke saya (ihik..ihik..biar kliatan seolah-olah saya punya banyak temen cewe) soal hobi nonton sepakbola ini. Jawaban yang paling gampang adalah, karena bola itu bundar. Anda bisa bayangkan gimana gak asiknya kalau kita nonton orang nendang-nendang bola yang berbentuk, misalnya, trapesium.

Ah bakal panjang nih kalau mau bahas soal sepakbola.

 

Nah kalau mau jawaban yang agak njlimet, bagi saya sepakbola itu menarik karena cerita dan sejarahnya. Banyak kok cerita seputar sepakbola yang menurut saya aneh tapi nyata. Beberapa cerita yang saya ingat misalnya, event Piala Dunia itu selalu dijuarai oleh negara yang berasal dari benua tempat event itu berlangsung. Jadi misalnya Piala Dunia sedang digelar di Argentina, maka bisa dipastikan yang bakal jadi juara adalah negara-negara dari benua Amerika dan begitu juga sebaliknya. Cuma Brazil yang bisa jadi juara dunia di ranah Eropa pas tahun 1958. Tapi sejarah itu enggak berlaku saat Piala Dunia digelar di benua Asia. Ya mungkin karena kualitas sepakbola Asia memang belum sehebat Eropa dan Amerika Latin.

Piala Dunia di Jerman tahun 2006 kemarin malah terjadi pengulangan sejarah pada saat Italia menjadi juara dunia. Saat itu Itali sedang mengalami kisruh di dalam organisasi sepakbola di negaranya, persis sama seperti saat mereka jadi kampiun terakhir kali. Hebat ya? Saat kisruh malah jadi juara. Sedangkan PSSI? Kisruh aja terooooss..Bete!

Dari kompetisi liga Inggris juga ada cerita yang menarik, misalnya aja, juara liga biasanya adalah tim yang berada di peringkat 1 pada saat bulan Desember atau masa pertengahan musim kompetisi. Kecuali tahun ini tentunya, Arsenal sempat nangkring di posisi 1 sampai bulan Februari tapi ternyata yang jadi juara adalah Manchester United. Edannya, Inggris yang punya kompetisi lokal hebat itu malah gak lolos ke ajang EURO 2008!

Kalau dari ajang EURO 2008 yang sedang berlangsung ini, saya nemu cerita menarik soal Podolski dari tim Jerman. Dia melesakkan 2 gol ke gawang Polandia tapi tidak melakukan selebrasi seperti layaknya seseorang yang baru mencetak gol. Kenapa? Karena dia berasal dari Polandia. Jadi demi menghormati negara leluhur, orangtua serta keluarganya yang masih tinggal di Polandia, dia tidak melakukan selebrasi. Mencetak gol adalah tugasnya sebagai bagian dari timnas Jerman, bukan berarti dia harus melupakan rasa nasionalisme terhadap negara asal. Menarik bukan?

Event EURO 2004, jawaranya adalah Yunani. Negara kecil yang punya 12 dewa ini berhasil menghantam negara-negara kuat Eropa. Gimana dengan kita yang punya ribuan habib? Haisssh..

Prediksi saya untuk EURO 2008, yang punya potensi jadi juara ada 3 negara. Jerman, karena solid. Belanda, karena mereka punya Nistelrooy, Sneijder,  Van der Sar dan pelatih Van Basten. Kemudian negara yang ketiga, sebagai tim kuda hitam, saya pilih Portugal.

Anda ndak setuju? Boleh aja, namanya juga sepakbola. Hidup FORE FAIR PLAY!!

6 thoughts on “Sepak Bola Sepak

  1. Eh gendhuuuddd!!! Ngefitnah gw!!! Sapa yang ngiri ma elo? mana mau gw ngiri sama body bola elo itu! Huh!!! Eh gw jadi nemu jawaban kenapa ya saban gw liat elo bawaannya pengen nendang…..hahahahah

    — 😆 bowling yuk fit, liat kembaran lo..itu lhooo pin bowling 😆

  2. eh belanda di bonceng ama VOC kan?? ini pelajaran sejarah ya????

    * berusa ngerti asiknya nonton bola*

    belanda dibonceng numpak pit pancal. Modar ra ke dahl?mesti kowe ra mudheng tho.

Leave a Reply

