Penyakit Kawasaki.

Sekedar copy paste dari blog teman, sekali lagi, sekedar copas dari blog teman. URL sengaja gak gue kasih karena gue ngopasnya sebelum minta ijin 😆 Minta ijinnya ntar aja ya ndrong. Langsung gue copas aja, soale infonya penting. Terutama buat yang punya balita.

Just for additional Info for Parents..

Aku cuma mau berbagi aja.. karena Anakku (4 thn) baru saja terkena penyakit Kawasaki.  Walaupun termasuk cepat terdeteksi (7 hari) tapi pembuluh jantung kanannya sdh membengkak. Jadi setelah pengobatan melalui infus, tetap saja anakku tidak boleh aktifitas terlalu banyak & tidak boleh terkena orang yg sedang sakit.

Jadi untuk semua yg membaca blog ini, saya mohon doanya untuk kesembuhan puteri kami tercinta, Adiz.

Terima kasih…

Namanya mungkin familiar untuk sebuah produk motor tapi sebagai nama penyakit, tidak banyak orang yang tahu. Nama Kawasaki diambil dari nama penemunya, Dr. Tomisaku Kawasaki.

Penyakit Kawasaki (PK) merupakan penyakit vaskuler vaskulitis, penyakit yang menyerang pembuluh darah. Gejala PK mirip dengan campak. Namun penyakit ini tidak menular.

Pemunculan PK ditandai dengan demam 38-41 derajat Celcius minimal lima hari (biarpun dikasih Antibiotik juga ga bakal mempan..krn ini penyebabnya bukan Virus/bakteri), ruam merah di seluruh tubuh, lidah dan bibir merah, bengkak pada tangan dan kaki, mata merah tanpa disertai belek, pembesaran kelenjar getah bening di salah satu sisi leher serta pengelupasan kulit pada ujung2 jari tangan & kaki.

Sampai sekarang belum diketahui penyebab PK. Karena tidak diketahui penyebabnya, maka tentu sulit untuk melakukan langkah pencegahan. Meski tidak dapat dicegah, penyakit Kawasaki bisa disembuhkan. Tentunya jika pasien berhasil didiagnosis dengan benar sebelum terlambat. Yang menyedihkan, 80 persen penderita PK adalah balita tanpa melihat status social.

Bila tidak segera diobati, PK bisa mengenai jantung. Inilah yang paling ditakutkan, lantaran PK mampu merusak arteri koroner yang mengalirkan darah ke jantung. Bila arteri ini rusak, jantung tidak bisa mendapatkan darah yang cukup, sehingga otot jantung akan mati dan mengakibatkan kematian penderita.

Untuk mendeteksi kelainan arteri koroner dan gangguan fungsi jantung, setiap penderita PK harus menjalani pemeriksaan elektrokardiografi (EKG) dan ekokardiografi (Eko). “Sebab, meskipun sudah sembuh, setelah dewasa jantungnya bisa cacat,” jelas Dr. Najib Advani SpAK. Mmed. Paed. seorang spesialis anak konsultan-ahli jantung anak dari RS Internasional Bintaro.

Meski pengobatannya sangat mahal, penderita PK dapat diobati dengan melakukan pemberian cairan 2 gram imunoglobulin lewat infus selama 10 -12 jam sesuai dengan kebutuhan si pasien. Selain itu, aspirin untuk mencegah penyumbatan pembuluh darah dan mengencerkan darah.

Gue cuma bisa mendoakan semoga Adiz cepat sembuh dan gue juga cuma bisa meneruskan info tentang penyakit ini. Eh, gue juga bisa bezuk si Adiz ding. Ntar gue bezuk deh.

9 thoughts on “Penyakit Kawasaki.

  1. KOk makin banyak penyakit aneh ya… Mudah2an Adiz cepet sembuh, dan anak2 yang lain selalu sehat walafiat. Amin!

    ragil:
    amin.

  2. Ihhhh, tanpa URL semuanya adalah HOAX….*mengutip kalimat yang lo ciptakan sendiri*

    ragil:
    mending dianggep HOAX daripada jadi berita di infotainment..Adiz ini anak seleb di dunia nyata, bukan seleb blog di ranah maya..
    😆

  3. Ya ampuun ngeri yah penyakit sekarang udah namanya aneh, gejalanya juga nyeremin…

    Salam buat Adiz, semoga cepet sembuh.

    Gimana Mas Ragil, ketagihan ya ama masakan akyu??

    ragil:
    setelah terbukti selamat, gue mau kok makan lagi di rumah lo
    😆

  4. Thanks ya Gil.. udh dimuat di Blog elu..
    Btw, mahalan penyakitnya drpd motornya Gil..
    Makanya ama laki gw mau diganti jd Avanza!

    ragil:
    tuuuuh bukan HOAX kan! ini mamanya Adiz dah komen.
    Emang dasar fitra riwil!

  5. informasi yang baik dan berguna bagi pembacanya.. semoga kegiatan menulis anda senantiasa mendapat balasan yang setimpal dari Yang Maha Kuasa.
    Kunjungi blog saya. baca dan analisa dengan seksama. saya berharap kita dapat meraih kemapanan finansial bersama-sama. amin

  6. gw pikir penyakit gw doang yg aneh dan nyeremin. Tnyata masih banyak yg lain 😦

    smoga Adiz diberikan kesembuhan yang sempurna

    ragil:
    tapi elu gak nyeremin kok De
    😛

  7. Waktu Kayla sakit, nyaris didiagnosa Kawasaki ini, Alhamdulillah bukan.
    Setahu gw, penyakit Kawasaki ini relatif baru di Indonesia, makanya orang Indo rada-rada ngak tau ciri-cirinya, seperti gw.

    ragil:
    termasuk penyakit langka ya kak.

Leave a Reply

