Ngecuprus soal Rusuh Mahasiswa

Beberapa hari ini, capek banget gak sih kalau lagi nonton tv? Terutama menonton dua tv swasta yang fokus menayangkan berita itu. Isinya selalu tentang bentrokan antara mahasiswa dan polisi di kota Makassar.

Hari Jumat kemarin malah warga sempat ikut-ikutan menyerang mahasiswa. Mahasiswa pun, seperti tidak mengenal rasa takut, balik menyerang warga dan aparat kepolisian. Maka terjadilah saling lempar batu.

Semua pasti sedih ngeliat berita seperti itu. Rasanya kok gak ada yang beres di negeri ini. Sebelum berita tentang mahasiswa, ada berita rusuhnya ruang sidang DPR pada saat pembahasan soal….ah entah soal apalah itu. Jauh sebelum itu, rusuh antar suporter sepakbola.

Kalau soal DPR, saya gak tau gimana cara mencegahnya. Lha wong mereka itu rata-rata mengenyam pendidikan. Kalau pun tidak, mereka pasti sempat melewati penggodokan di masing – masing partai sebelum mereka dilantik menjadi anggota dewan. Jadi seharusnya tanpa dicegahpun mereka gak bakal bikin rusuh di ruang sidang.

Lha kalau soal kerusuhan suporter bola, ini memang sulit dicegah karena mereka memang gabungan dari berbagai macam jenis golongan masyarakat. Massa yang berkumpul dan terikat dalam sebuah fanatisme yang berlebihan, akan gampang tersulut emosinya. Jadi kalau sudah terjadi kerusuhan, perlu sebuah tindakan tegas dari pasukan Dalmas (pengendali massa) untuk membubarkan mereka.

Nah, kalau soal mahasiswa, saya yakin penanggulangannya sangatlah mudah. Pada dasarnya mahasiswa itu kaum terpelajar yang ngerti sopan santun. Apapun latar belakang mereka, ketika mereka mengenakan jaket almamater, saya yakin sebagian besar dari mereka hanyalah segerombolan anak muda labil yang berpendidikan.

Kita semua tau, kalau orang labil itu gampang terbawa arus. Jadi, kalau mereka dihadapkan pada kekerasan, sudah pasti mereka akan melawan. Sebaliknya, kalau mereka dihadapi dengan cara halus, pasti mereka akan bertindak santun juga.

Makanya saya mau usul sama bapak-bapak polisi, lain kali kalau ada kerusuhan yang melibatkan mahasiswa, ndak perlu mengerahkan pasukan Dalmas bertameng dan bertampang sangar itu. Apalagi sampai melontarkan gas air mata dan peluru karet. Kasihan pak, mereka hanya anak muda yang kadang juga gak jelas maunya apa. Mungkin memang ada sebagian yang sangat kritis dan vokal, tapi gak sedikit juga yang bergerak ke jalan hanya karena perasaan setia kawan.

Mungkin perlu dipertimbangkan oleh aparat kepolisian untuk bekerja sama dengan produsen rokok. Pada saat ada kerusuhan mahasiswa, produsen rokok ini diminta untuk mengerahkan SPG mereka. Tentu dengan imbalan, produsen rokok ini dibebaskan melakukan product sampling sebebas-bebasnya tanpa harus mengurus ijin yang berbelit. Saya yakin, mahasiswa bakal adem kalau berhadapan dengan SPG yang membagikan rokok gratis seperti ini.

Iya gak sih? ^_^

Advertisements

10 thoughts on “Ngecuprus soal Rusuh Mahasiswa

  1. :mrgreen:

    paragraf terakhir menarik tuh bro..

    bener juga sih. kalo dari awal udah dihadapkan sama muka sangar dalmas, jiwa muda para mahasiswa pasti mikirnya “lu jual gw beli”. bentrok dah. :mrgreen:

    Ragil:
    atau sediain meja sama PS, biar main game aja sama Dalmas
    😀

  2. Betul banget, nonton TV beritanya selalu ttg rusuh mahasiswa sm masalah anggota dewan yg berantem..jadi ikutan capek dan kesel nontonnya, mending gak usah nonton TV saja 🙂

    Ragil:
    Saya sih jadinya nonton Fashion TV, banyak model cantik
    😉

  3. Waktu jaman dulu demo mahasiswa, gw punya kenalan polisi tuh. Isinya ngeluh melulu dia. Sebenrnya gak mau sih, hadap-hadapan ama mahasiswa. Wong dr segi umur juga gak jauh beda. Tp dunno lah.

    Gil, yg di Makassar itu awalnya kan HMI. Kalo HMI dihadapi ama para SPG. Waduh, demonya berubah tuh, jd soal agama. Hihihi. 😀

    Ragil:
    Jadi adem kan
    🙂

  4. sesama sepupu harus posting issue yang sama biar diaku keluarga ya Mas Ragil ;))

    *semangat ah!

    Ragil:
    Semangka,Beb!
    😛

  5. mahasiswa sama DPR tujuannya sama…sama2x cari muka/cari perhatian…

    Ragil:
    Kalau yang lagi ngejar S2, nyari apa? Oooo nyari video Real Madrid FC buat presentasi yaa
    😀

  6. apalagi kalo yg demo spg, pasti bapak2 itu sangarnya ilang dan berubah jd senyum2. jd bilang aja sm mahasiswa, spy demonya ‘diwakilkan’ ke mbak2 spg. dijamin ceraaahh…

    Ragil:
    Setujuuuu..kita yg nonton pun senaang
    😀

  7. huh! gw jarang nonton berita, mending nonton iklan 😀
    Apalagi iklan yang tori-tori-tori 😀

    eh, Gil, iklan yang loe bikin untuk tipi itu, yang cowo ceking, sepedanya dinaikin cewe gemuk banget itu yah ?

  8. Udah buru2 scroll down sambil berpikir…”tumben nih ragil rada bener nulisnya” …ujung2nya…. gile juga! hahahaha

    Boleh juga idenya! Tapi siapa mau coba? 😛

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s