Java War! Opera Diponegoro.

Iya sih, sebetulnya nggak guna juga saya tulis tentang pagelaran ini di sini. Lha wong kalau pada mau browsing, bisa langsung nemu ulasan yang lebih bermutu. Atau buka aja laman Opera Diponegoro, itu web resminya. Tapi saya tetap mau nulis Opera Diponegoro ini. Itung-itung untuk membalas jasa yang sudah mengundang saya menonton gratis previewnya.

Begitu masuk ke ruang teater, saya sudah kagum dengan layar besar berukuran 14 x 7m yang ternyata merupakan reproduksi dari lukisan Raden Saleh (1857). Saya, dengan noraknya, berpikir bahwa nanti layar ini bakal terangkat saat pagelaran dimulai. Ternyata salah. Layar itu tetap mengangkangi panggung saat para pemain mulai beraksi di belakangnya. Sementara Iwan Fals, yang berlaku sebagai dalang, “nembang” dengan gitarnya di depan layar itu.

Kenapa pandangan kita bisa menembus layar, ya jelas karena bantuan tata cahaya yang apik dari Iskandar Loedin. Ini salah satu yang membuat saya betah menonton. Ya tentu juga karena cerita, tarian dan nyanyian yang memang bagus untuk dinikmati bahkan oleh orang seperti saya yang sebetulnya bukan penikmat seni panggung.

Oh iya, kalau sudah pada nonton Sang Penari dan belum puas ngeliat Happy Salma beraksi, saya sarankan nonton Opera Diponegoro ini. Di sini Happy berperan menjadi Diva Mabuk dan bermain sangat ‘glek’. Tapi saya anjurkan Anda menonton opera ini dari lantai 1 (VVIP/VIP), atau minimal dari lantai 2 teater. Karena kalau dari lantai 3, saya jamin Happy Salma akan terlihat sama kecilnya dengan penari lain :mrgreen:

Nah, daripada teriak-teriak soal Komodo, korupsi dan sebagainya, ada bagusnya rehat sejenak menonton karya anak bangsa ini. Apalagi sepupu saya, Danis, termasuk dalam salah satu musik ansambel di pagelaran ini šŸ˜€

Selamat menonton!

2 thoughts on “Java War! Opera Diponegoro.

  1. Huwaaaa, asyik bangeeettt…

    Btw kalo kayakl aku dikekep di Malaysia begini, kapan bisa nonton yg beginian yaaa?? :((

    Ngecuprus:
    hahahaay..pulang bentar dong, Ge. Mumpung mainnya pas weekend
    šŸ™‚

Leave a Reply

