Jenuh Karena Kerja Menekuni Hobi?

Bagi yang menjadikan hobi sebagai pekerjaan, seperti saya, sering dapat pertanyaan ini gak?

Kalau jenuh, hiburannya apa dong?

Saya selalu jawab dengan, kalau jenuh ya ngerjain hobinya aja. Itulah enaknya punya pekerjaan dari hobi. Kalau namanya hobi, ya susah jenuh. Kalaupun jenuh, kerjakan hal lain yang masih berhubungan dengan hobi. Kebetulan hobi saya fotografi, jadi ketika jenuh motret, saya buka galeri foto online seperti 1x, 500px dan lainnya. Atau kunjungi pameran foto, atau edit ulang foto lama.

Bagi saya, mengedit ulang foto ini menjadi salah satu kegiatan favorit karena bisa dilakukan dengan mudah dan nyaris di mana saja. Misalnya sambil ngopi di sebuah coffee shop atau sambil duduk di pinggir pantai. Eh kalau lagi di pantai, mending main pasir sih, hehehe.

Sekarang ini nyaris semua smartphone bisa dipakai untuk mengedit foto. Aplikasinya sudah banyak tersedia di berbagai platform. Penggunaannya pun relatif mudah. Lalu apa gunanya mengedit foto lama? Soal ini justru saya pelajari dari Rini Nurul, seorang kawan yang berprofesi sebagai penerjemah-editor-korektor dan mbuh apalagi. Pokoknya profesi dia banyak berhubungan dengan dunia penulisan, bukan fotografi. Suatu hari saya pernah baca artikel di blognya, bahwa mengedit ulang tulisan lama itu sama asyiknya seperti menata ulang perabot rumah. Jadi ya saya coba praktekan saja di hobi fotografi saya. Toh antara menulis dan fotografi itu mirip, hanya berbeda medianya saja.

Setelah sekali mencoba, rasanya memang mengasyikkan. Selain ada rasa puas, ternyata kegiatan ini bisa melatih saya untuk belajar melihat sebuah masalah dalam hidup sehari-hari dari berbagai sudut pandang. Cobain deh. Untuk hal yang satu ini saya agak sulit menerangkan dengan tulisan, lebih enak dicoba saja langsung. Kalau soal fasilitas, gak usah khawatir, saya mengedit foto di bawah ini hanya menggunakan aplikasi After Focus dan PicsArt yang saya unduh dari Play Store. Ponsel saya juga bukan dari jenis yang mahal kok.

Pantai Bengkulu

Setelah selesai mengedit, ada semacam perasaan puas karena ternyata saya bisa mendapat kesan yang berbeda dari foto yang sama. Bahkan ketika melakukan editing yang sangat minim seperti foto jalanan di Canberra ini, tetap ada perasaan yang susah saya tuliskan.

Canberra Jadi saya boleh tho kalau ikutan bilang bahwa bahagia itu sederhana? Cuma dari ngelakuin hal seperti ini saja sudah bisa menghilangkan kejenuhan saat bekerja. Ya itulah salah satu enaknya kalau bekerja sesuai hobi. Gak usah mikirin yang gak enaknya deh, gak berguna juga kok. Selalu belajar berpikir positif aja, yuk!

 

Leave a Reply

